Blogger Widgets

gungDEgung

Thursday, July 04, 2013

Karya Ilmiah Efek Obat Nyamuk Bakar


Kata Pengantar

OM SWASTYASTU
Puja puji syukur kami panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nya makalah yang kami buat selesai tepat pada waktunya. Makalah yang berjudul Bahaya Baygon berisi penjelasan tentang bahaya baygon dan pembuktian efek obat nyamuk bakar yang beredar di masyarakat.

Dalam pembuatan makalah ini kami mencari informasi dari internet dengan berusaha membuat makalah ini sendiri karena tugas kelompok, walaupun begitu kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu pembuatan makalah ini.

Isi dari makalah ini masih banyak kekurangannya jadi kami mengharapkan saran yang fungsinya membangun dari pembaca makalah ini.
Akhir kata, kami berharap agar makalah ini bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.
OM SHANTI, SHANTI, SHANTI OM
                                                                                                                          

                                                                                                                          

                                                                                                    Tampaksiring,    Maret 2013

                                                                                                                     Penulis



Bab I
Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
Baygon adalah merek pestisida produksi S. C. Johnson & Son. Kegunaannya adalah sebagai pembasmi dan pengendali hama rumah tangga, seperti nyamuk, kecoa, lipan, dan semut. Tetapi di Indonesia produk Baygon kebanyakan pembasmi nyamuk, banyak orang membeli produk Baygon terutama Baygon bakar untuk membasmi nyamuk. Mungkin karena iklan di TV tiapharinya Baygon bakar dapat membasmi nyamuk seketika. Hal itulah melandasi penelitian kami untuk membuktikan kebenaran iklan yang beredar dan juga karena tugas membuat penelitian.
1.2  Rumusan Masalah
Apa ada efek baygon pada nyamuk yang telah banyak diiklankan oleh media masa?
1.3  Tujuan Penelitian
1.      Untuk meluruskan kebenaran iklan yang beredar
2.      Menambah pengetahuan
3.      Mendapatkan nilai yang baik
1.4  Metode Penelitian
Dalam penulisan karya ilmiah ini kami menggunakan metode studi pustaka. Kamimencari informasi melalui internet yang sesuai dengan permasalahan yang dibahas.
Kami juga menggunakan metode penelitian dengan alat yang tersedia dan sederhana di sekitar lingkungan kami.
1.5  Manfaat Penelitian
Masyarakat jadi bisa mengetahui hal yang sebenarnya dari bahaya Baygon dan bisa mencermati hal yang beredar kemudian berusaha mencari alternatif yang lebih baik juga sehat bagi kesehatan.


Bab II
Kajian Pustaka

Baygon
Industri
Obat pembasmi serangga (pembersih rumah)
Tahun Penemuan
1975
Produksi
Australia
Key People
Dr.H.Fisk Johnson
William D.Perez
Samuel C. Johnson
Produk
Aerosol Sprays
Baits
Conc. Liquid Insecticides
Pemilik
S. C. Johnson & Son
Website

2.1  Baygon
Baygon adalah merek pestisida produksi S. C. Johnson & Son. Kegunaannya adalah sebagai pembasmi dan pengendali hama rumah tangga, seperti nyamuk, kecoa, lipan, dan semut. Merek ini sangat populer di Indonesia sehingga sudah menjadi nama generik bagi produk sejenis. Baygon pertama kali diproduksi oleh Bayer, sebuah perusahaan kimia asal Jerman, pada tahun 1975. Pada tahun 2003, merek Baygon dibeli oleh S. C. Johnson & Son. Walaupun demikian, sebagai bagian dari persetujuan, Bayer masih memasok bahan aktif yang terkandung dalam Baygon.

2.2  Kandungan dalam Baygon
Baygon mengandung 2 racun utama yaitu Propoxur dan Transfluthrin. Propoxur adalah senyawa karbamat (senyawa antaranya, MIC, pernah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan kerusakan syaraf ratusan ribu orang lainnya dalam kasus Bhopal di India) yang telah dilarang penggunaannya di luar negri karena diduga kuat sebagai zat karsinogenik sedangkan Transfluthrin relatif aman hingga saat ini. Komposisi Baygon Produk Baygon berisikan siflutrin piretroid, transfluthrin, prallethrin dan propoxur dan organofosfat karbamat klorpirifos, sebagai bahan aktif. Piretroid dapat menyebabkan berbagai efek buruk jika tertelan dalam jumlah yang cukup, termasuk gemetar, sesak napas, dan kelumpuhan.

2.3  Bahaya obat nyamuk yang lainnya
HIT yang promosinya sebagai obat nyamuk ampuh dan murah memang benar, bahkan sedikit lebih ampuh dari Baygon. Tetapi sangat berbahaya karena bukan hanya menggunakan Propoxur, tapi juga DDVP atau dichlorvos, zat turunan chlorine yang sejak puluhan tahun dilarang penggunaannya di dunia. Murah tapi berbahaya. Sedangkan obat nyamuk lain seperti Baygon tutup hijau, Vape, Raid dan Mortein memang non propoxur dan non DDVP tapi keampuhannya sangat diragukan, mereka hanya efektif melawan nyamuk Aedes tapi berantakan saat melawan nyamuk Culex sp (ini nyamuk malam yang sering mengganggu tidur).
Kemudian wangi pada obat nyamuk aerosol maupun semprot justru menjadi indikasi bahwa kita tidak boleh berada diruangan tersebut selama bau masih tercium, kurang lebih selama 1 jam. Obat nyamuk tipe lain sama saja, obat nyamuk bakar jelas menghasilkan asap dan racun, jenis electrik pun tetap menghasilkan racun (HIT bahkan menggunakan propoxur untuk obat nyamuk elektiknya). Penggunaaan obat nyamuk dengan cara dibakar atau dengan listrik harus dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, tidak boleh dalam ruangan tertutup karena racun dan asap yang dihasilkan akan mengurangi proporsi kandungan oksigen dalam ruangan. Kalau obat nyamuk bakar hampir sama semua. Sedangkan obat nyamuk elektrik pilihannya pada Baygon atau Vape.
Selain zat aktif tersebut, terdapat juga produk nyamuk oles yang pada umumnya menggunakan zat aktif DEET (Diethyl-toluamide). Zat aktif pada produk antinyamuk oles ini bersifat korosif sehingga dapat menyebabkan iritasi kulit, membahayakan kulit yang luka dan selaput lendir tubuh. Jadi, dalam memilih produk antinyamuk oles ini juga harus memperhatikan kadar DEET didalam produk tersebut. Semakin tinggi kadarnya, maka akan semakin tinggi tingkat korosivitasnya terhadap kulit. Dan tingkat korosif ini tidak dipengaruhi oleh klaimnya yang mengandung zat pelembut/pelembab kulit.

2.4  Obat Pengusir Nyamuk Alternatif
Penggunaan Daging dan Kulit Durian
Aroma buah durian yang khas dan menyengat dapat mengusir nyamuk tidak lagi hanya sebuah mitos, tapi telah terbukti secara ilmiah. Penelitian ini bertitik tolak dari asumsi bahwa nyamuk sangat takut dengan sumber bebauan yang menyengat, seperti bau kulit jeruk, bunga lavender atau bunga rosemary. Buah durian juga memiliki bau yang menyengat, disebabkan karena di dalam buah durian yang dikenal lezat ini terdapat kandung minyak atsiri dan alkohol.

Cara Pembuatan :
1.      Cincang kulit buah durian sehingga menjadi potongan-potongan kecil.
2.      Potongan kulit ditimbang 100 gram ditambah daging durian 50 gram, lalu dihaluskan dengan blender.
3.      Untuk pelarutnya digunakan alcohol 70% sebanyak 25 mililiter, dan air 100 mililiter.
4.      Larutan yang diperoleh itu kemudian diperas menggunakan kain ayakan.
5.      Proses berikutnya, bekas obat nyamuk elektrik dicelupkan ke dalam larutan itu selama lebih kurang 5 menit, lalu diangkat dan dijemur selama 1 sampai 3 jam, atau hingga tampak kering.
6.      Dengan demikian, obat nyamuk ini sudah bisa digunakan, dengan penggunaan sama seperti obat nyamuk elektrik.
Kami mendapatkan informasi ini dari internet yang kepastiannya belum kami coba, karena kurangnya waktu dan bahan.

2.5  Tanaman yang dapat Mengusir Nyamuk
1.      Lavender ( Lavandula angustifolia )
Tumbuhan lavender kerap kali digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk. Bunga lavender memiliki aroma yang sangat harum. Tidak perlu diproses menjadi pelembab kulit, cukup gosokkan bunga ini ke tubuh, maka nyamuk tidak akan mendekati kulit.

2.      Akar Wangi ( Vetiveria zizanoides )
Tumbuhan Akar Wangi dapat mengendalikan populasi nyamuk demam berdarah. Nyamuk demam berdarah konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi. Bau ngengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan untuk nyamuk jenis itu.
3.      Suren ( Toona sureni )
Jika  memiliki lahan pekarangan luas dan dipenuhi dengan pepohonan, ada bagusnya menanam tumbuhan suren. Tanaman ini terbukti sangat ampuh mengusir nyamuk. Tumbuhan yang bentuknya pohon berukuran 20 m ini memiliki daun dan kulit kayu yang beraroma tajam. Para petani kerap menanam suren di ladang-ladang pesawahan mereka, suren dipercaya juga dapat mengusir hama serangga tanaman.

4.      Zodia ( Evodia suaveolens )
Tanaman Zodia adalah tumbuhan yang paling favorit sebagai pengusir nyamuk. Tanaman ini memiliki kandungan evodiamine dan rutaecarpine yang tak disukai serangga. Zat tersebut menghasilkan aroma yang tajam, jika tertiup angin aroma itu mudah sekali tersebar ke seluruh ruangan. Ada baiknya Anda menanam zodia dalam pot dan meletakkannya di salah satu sudut ruangan Anda.

5.      Geranium ( Geranium homeanum )
Tanaman jenis perdu ini memiliki aroma yang cukup harum namun tidak disukai serangga. Pasalnya tanaman yang memiliki kandungan zat geraniol dan sitronelol ini bersifat antiseptik. Selain berkhasiat mengusir nyamuk, tanaman ini bisa menjadi penghijau ruangan Anda. Bentuknya yang indah bisa menjadikan tanaman ini sebagai media relaksasi mata.

6.      Selasih ( Disambiguasi )
Selasih dipercaya mengeluarkan aroma yang cukup tajam bagi serangga. Tanaman ini paling cocok berada di dalam rumah. Letakkan sedikit lama dalam ruangan akan lebih membantu pengusiran nyamuk di rumah Anda.





Bab III
Pembahasan Penelitian

Kalau kita melihat iklan di TV mengenai produk antinyamuk, sepertinya seorang ibu menyemprot produk ini, sementara bayinya terlelap seperti malaikat didekatnya. Belum lagi iklan tinju antar produk antinyamuk dengan nyamuk memakai sarung tinju yang kemudian semua nyamuk mati dan ada juga iklan yang menayangkan asap dari produk antinyamuk mengejar nyamuk kemudian nyamuk berjatuhan kelantai. Seberapa benarkah iklan TV itu? kami akan menelitinya dengan penelitian yang sederhana.

Alat dan bahan

1.      Kantong plastik ukuran 1 kg
2.      Produk antinyamuk bakar
3.      Korek api
4.      Jarum atau benda yang dapat ditusukkan
5.      Stopwatch

Langkah Pengerjaan

1.      Kami berusaha menangkap nyamuk dengan menggunakan plastik, dengan cara menunggu nyamuk hinggap di bagian tubuh kemudian menangkapnya dengan plastik dari atas.
2.      Kami mengikat plastik kemudian melubangi plastik dengan jarum,  untuk membuat lubang sirkulasi udara di dalam plastik.
3.      Kami mendiakan nyamuk didalam plastik selama beberapa menit, agar nyamuk menyesuakan seperti hidup bebas.
4.      Kemudian kami menyalakan antinyamuk bakar dengan menggunakan korek api, lalu memasukkan antinyamuk bakar tadi kedalam plastik sambil dipegang dengan memberikan sedikit lubang agar tetap menyala.
5.      Kami mengamati tiap menit dengan menggunakan stopwatch.

Hasil Pengamatan

No
Menit ke-
Kondisi Nyamuk di dalam Plastik
1
0 – 1
Nyamuk masih terlihat biasa terbang mondar - mandir, sesekali terbang ke pojok plastik dan diam disana.
2
1 – 2
Nyamuk terbang ke tengah dan diam lagi saat asap mulai mengepul di dalam plastik.
3
2 – 3
Nyamuk masih tetap diam dan mengeluark anantinyamuk bakar dari dalam plastik, karena asap sudah mengepul di dalam plastik. Mengepulnya asap dikarenakan tempat sirkulasi udara kecil dan tidak ada udara yang masuk.
4
3 – 4
Nyamuk terlihat mati dan asap antinyamuk bakar semakin mengepul.

Setelah meneit ke 4 kami mengeluarkan nyamuk yang mati dari plastik, ternyata nyamuk tersebut masih dapat bergerak tapi tidakbisa terbang karena salah satu sayap menempel di plastik yang menjadi lengket karena sap antinyamuk bakar tersebut. Jadi kami menarik kesimpulan bahwa nyamuk tidak mati melainkan seperti tidak tau arah yang disebabkan oleh asap antinyamuk bakar tersebut.


Bab IV
Penutup

4.1  Kesimpulan
Baygon adalah merek pestisida produksi S. C. Johnson & Son. Kegunaannya adalah sebagai pembasmi dan pengendali hama rumah tangga, seperti nyamuk, kecoa, lipan, dan semut yang mengandung 2 racun utama yaitu Propoxur dan Transfluthrin. Propoxur adalah senyawa karbamat (senyawa antaranya, MIC, pernah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan kerusakan syaraf ratusan ribu orang lainnya dalam kasus Bhopal di India) yang telah dilarang penggunaannya di luar negri karena diduga kuat sebagai zat karsinogenik sedangkan Transfluthrin relatif aman hingga saat ini.
Obat antinyamuk bakar kurang ampuh untuk membunuh nyamuk melainkan hanya membuat nyamuk tidak tau arah/hanya mengusir.

4.2  Saran
Lebih aman mempergunakan tanaman penghusir nyamuk selain menghusir nyamuk kita juga ikut melestarikan lingkungan.




Daftar Pustaka

3 comments:

  1. KTA DANA TUNAI TANPA JAMINAN UNTUK APAPUN KEBUTUHAN ANDA . INGIN LIBURAN.RENOVASI RUMAH.PENDIDIKAN.KESEHATAN DLL KITA BANTU PROSES BUNGA 1.99% PROVISI 1.75% UNTUK PENGAJUAN SYARAT LAMPIRAN NYA FC KTP NPWP KARTU KREDIT LIMIT MIN 5 JUTA DAN SUDAH BERJALAN 1 TH . COVER TABUNGAN MELAYANI NASABAH SELURUH INDONESIA BERKAS DAPAT DIKIRIM VIA EMAIL DI rooly88@gmail.com SETELAH BERKAS SAMPAI AKAN DI VERIVIKASI VIA TELPON . PROSES MAKSIMAL 14 HARI KERJA. DANA CAIR 2-3 KALI LIMIT KARTU. JUMLAH PINJAMAN 10-300 JUTA TENOR 36 BULAN. ALAMAT KANTOR KAMI DI PT MIP AGENCY RUKO PANDANARAN LANTAI DUA SEMARANG JL PANDANARAN SEBELUM LAWANG SEWU . BERKAS 100% AMAN DAN RESMI BANK LIHAT PROFIL DI FACEBOOK CHAIRUL SARTO UTOMO Info pengajuan 085600125176 pin 52B77BDC email rooly88@gmail.com Terima Kasih

    ReplyDelete
  2. lumayan juga sih bisa hemat pengeluaran , n nggak beli Hit obat nyamuk lagi.. thanks kak buat tipsnya..

    ReplyDelete
  3. Obat Nyamuk Pasir Magic paling ampuh, beli saja di Tokopedia atau Bukalapak, di sana banyak yang jual. Garansi.

    ReplyDelete